Serangan jantung adalah suatu kondisi ketika kerusakan dialami oleh bagian otot jantung (myocardium) akibat mendadak sangat berkurangnya pasokan darah ke bagian otot jantung. Berkurangnya pasokan darah ke jantung secara tiba-tiba dapat terjadi ketika salah satu nadi koroner terblokade selama beberapa saat, entah akibat spasme – mengencangnya nadi koroner – atau akibar penggumpalan darah – thrombus. Bagian otot jantung yang biasanya dipasok oleh nadi yang terblokade berhenti berfungsi dengan baik segera setelah splasme reda dengan sendirinya, gejala-gejala hilang secara menyeluruh dan otot jantung berfungsi secara betul-betul normal lagi. Ini sering disebut crescendo angina atau coronary insufficiency. Sebaliknya, apabila pasokan darah ke jantung terhenti sama sekali, sel-sel yang bersangkutan mengalami perubahan yang permanen hanya dalam beberapa jam saja dan bagian otot jantung termaksud mengalami penurunan mutu atau rusak secara permanen. Otot yang mati ini disebut infark.

Gejala-gejala ini untuk setiap orang biasa berbeda. Sebuah serangan jantung mungkin dimulai dengan rasa sakit yang tidak jelas, rasa tidak nyaman yang samar, atau rasa sesak dibagian tengah dada. Kadang, sebuah serangan jantung hanya menimbulkan rasa tidak nyaman yang ringan sekali sehingga sering disalahartikan sebagai gangguan pencernaan, atau bahkan lepas dari perhatian sama sekali. Dalam hal ini, satu-satunya cara yang memungkinkan terdeteksinya sebuah serangan jantung adalah ketika harus menjalani pemeriksaan ECG untuk alasan lain yang mungkin tidak berkaitan. Dipihak lain, serangan jantung mungkin menghadirkan rasa nyeri paling buruk yang pernah dialami – rasa sesak yang luar biasa atau rasa terjepit pada dada, tenggorokan atau perut. Bisa juga mengucurkan keringat panas atau dingin, kaki terasa sakit sekali dan rasa ketakutan bahwa ajal sudah mendekat. Juga mungkin merasa lebih nyaman bila duduk dibanding bila berbaring dan mungkin napas begitu sesak sehingga tidak bisa santai. Rasa mual dan pusing bahkan sampai muntah, bahkan yang lebih para yaitu ketika sampai kolaps dan pingsan.

Berikut ini adalah makanan yang akan membuat jantung sehat. Sekaligus cara yang tepat untuk menyimpan makanan tersebut agar manfaatnya tidak berkurang saat dikonsumsi.

1.    Kacang Almond

Kacang Almond mengandung vitamin B2 (riboflavin), vitamin E, magnesium dan zinc yang secara keseluruhan akan membuat jantung foodlovers berada dalam ‘mood’ yang baik. Mengonsumsi almond 1/4 cangkir dalam sehari jauh lebih sehat daripada sekantung keripik. Almond yang lezat ini bisa foodlovers campur pada sarapan oatmeal foodlovers. Hmm… pasti lezat dan gurih.

Tips Menyimpan:

Beli almond panggang tanpa garam dan simpan di dalam wadah.

2.    Asparagus

Sayur hijau ini ampuh untuk menjaga kesehatan jantung foodlovers. Kandungan folate, vitamin C dan vitamin D akan menghindari jantung foodlovers dari radang. Selain itu, asparagus juga rendah kalori. foodlovers bisa mengolah asparagus dengan cara merebusnya lalu diberi siraman minyak zaitun, perasan lemon dan sedikit taburan keju parmesan.

Tips Menyimpan:

Beli asparagus segar yang baru dipanen. Si hijau ini bisa bertahan jika disimpan pada lemari biasa, tetapi agar lebih segar, bisa foodlovers simpan di dalam lemari pendingin.

3.    Kacang Merah

Kacang-kacangan mengandung protein nabati, vitamin B, zat besi, dan kalsium. Menyajikannya 15 gram dalam sup akan sangat membantu melawan kolesterol jahat yang berbahaya bagi kesehatan jantung foodlovers. Buat saja sup kacang merah yang dicampur tomat, wortel, seledri dan sedikit merica.

Tips Menyimpan:

Beli kacang merah kering lalu masukkan ke dalam wadah yang kedap udara dan hindari terkena matahari langsung.

4.    Blueberry

Hampir semua buah segar baik untuk menjaga kesehatan jantung foodlovers. Tetapi blueberry adalah pilihan terbaik. Buah dengan warna biru-ungu gelap ini kaya antioksidan dan vitamin C, keduanya mampu atasi stres serta rendah kalori sehingga ini baik untuk jantung foodlovers. Tidak perlu diolah macam-macam, foodlovers langsung bisa mengonsumsinya. Bisa juga dibuat smoothie dengan campuran plain yogurt.

Tips Menyimpan:

Beli blueberry segar lalu simpan di dalam lemari es.

5.    Brokoli

Brokoli mengandung vitamin B dan foliacid, di mana keduanya membantu mengurangi stres dan kepanikan. Selain itu, nutrisi alami tersebut juga baik untuk jantung jika dimasak dengan cara yang benar. Brokoli paling baik jika dikukus atau direbus dalam waktu yang singkat. Kemudian beri perasan lemon, ekstra virgin olive oil dan bila suka pedas taburi dengan bubuk cabai.

Tips Menyimpan:

Beli brokoli segar di pasar tradisional. Jika ingin menyimpannya dalam waktu lama, rebus brokoli dengan air yang sudah diberi sedikit garam selama 3 hingga 4 menit. Tiriskan lalu masukkan ke dalam wadah di dalam freezer. Brokoli ini akan tahan hingga 2 bulan.

6.    Coklat

Bukan sembarang coklat, tetapi dark chocolate (dengan kadar cocoa setidaknya 75%) akan baik untuk meredakan stres dan baik untuk jantung foodlovers. Sebuah penelitian di University of Scranton di Pennsylvania menunjukkan bahwa mengonsumsi 6 ons dark chocolate sehari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Untuk yang satu ini, tidak perlu diolah macam-macam, langsung digigit juga sudah lezat.

Tips Menyimpan:

Selama masa kadaluarsanya masih panjang, foodlovers bisa membeli dark chocolate pada rak diskon dan menyimpannya di rumah dalam lemari yang kering dan jauhkan dari sumber panas.

7.    Sayur Berdaun Hijau

Bayam, kangkung, daun lobak dan sayuran dengan daun warna hijau adalah makanan yang mengagumkan karena mengandung banyak zat besi, vitamin C, keduanya bagus untuk kesehatan tulang, gigi dan rambut, selain itu kandungan vitamin A dan magnesium akan menjaga mood foodlovers. Semua nutrisi baik itu juga akan baik untuk jantung foodlovers. Sayuran tersebut bisa foodlovers olah menjadi apa saja, jangan terlalu lama memasaknya agar nutrisi alaminya tidak hilang.

Tips Menyimpan:

Beli semua sayur dalam keadaan segar. foodlovers bisa menyimpannya di dalam lemari pendingin dan akan tahan selama seminggu. Jika foodlovers masukkan ke dalam freezer akan tahan selama tiga bulan.

8.    Daging Tanpa Lemak

Agak mengejutkan bukan? Daging biasanya bukan pilihan untuk menjaga kesehatan jantung. Nyatanya foodlovers tetap bisa menikmati daging merah (sapi, kambing, domba) tanpa lemak. 4 hingga 6 ons daging tanpa lemak tetap sehat untuk jantung foodlovers karena kaya akan zat besi, zinc, vitamin B yang keseluruhan akan membuat foodlovers lebih tenang. Daging tanpa lemak ini paling baik foodlovers sajikan dalam bentuk steak.

Tips Menyimpan:

Sebaiknya foodlovers langsung membeli daging tanpa lemak di rumah pemotongan hewan. Setelah itu cuci bersih dan masukkan ke dalam freezer.

9.    Salmon Dan Ikan Lainnya

Mayoritas ikan laut mengandung vitamin B6 dan B12 yang bisa membantu tubuh menghasilkan serotonin, zat yang akan membuat foodlovers rileks dan bahagia. Ikan laut juga mengandung omega-3 yang baik untuk menormalkan tekanan darah dan mengurangi risiko sakit jantung. Sajikan ikan laut yang dipanggang atau dikukus.

Tips Menyimpan:

Pilih ikan dengan kesegaran yang masih baik dengan aroma amis yang segar. Bersihkan bagian dalam ikan lalu masukkan ke dalam wadah dan simpan dalam freezer.

10. Ubi Manis

Sayuran berwarna selalu baik untuk kesehatan foodlovers, termasuk ubi manis. Tanaman umbi-umbian yang mirip dengan kentang ini mengandung antioksidan yang akan membantu menjaga kesehatan jantung foodlovers. Sekalipun bentuknya tidak menarik, rasanya lezat dan manis alami. foodlovers bisa memasak ubi manis dengan mengukusnya atau memotongnya dalam ukuran kecil dan dicampur dengan ayam panggang.

Tips Menyimpan:

Ubi manis segar yang foodlovers simpan di rumah harus foodlovers jauhkan dari bawang merah karena akan cepat rusak. Jauhkan juga dari panas agar lebih tahan lama.

11. Walnuts
Walnuts adalah salah satu jenis kacang yang memiliki manfaat luar biasa. Kandungan alpha-linolenic acid yang merupakan bagian dari omega 3 dapat mengurangi risiko jantung koroner. Kacang lezat ini bisa foodlovers konsumsi sebagai snack. Bisa juga foodlovers campurkan pada oatmeal sarapan foodlovers dengan potongan blueberry.

Tips Menyimpan:

Sama seperti kacang-kacangan lain. Beli walnuts kering tanpa garam. Simpan di dalam wadah yang kedap udara dan jauh dari jangkauan matahari.

12. Gandum Utuh

Gandum utuh kaya akan serat dan dapat membuat foodlovers merasa kenyang lebih lama. Selain itu, gandum utuh akan memasok serotonin yang akan membuat foodlovers merasa bahagia. Mengonsumsi setengah cangkir gandum utuh sehari akan membuat kadar kolesterol jahat dalam darah berkurang. foodlovers bisa mengonsumsi gandum utuh instant yang hanya butuh disiram air panas untuk mengonsumsinya.

Tips Menyimpan:

Simpan gandum utuh di dalam wadah kering yang jauh dari jangkauan matahari dan pastikan tidak lembab agar tidak mudah berjamur.